Penggunaan pestisida alami memang sangat diperlukan, karena dalam penggunaan nya tidak merusak lingkungan.  Bagi petani atau pekebun akan terjaga kesehatannya karena dalam pertanian dan perkebunan penggunaan pestisida sangat intensif untuk mencegah kegagalan panen. Tentunya bagi konsumen yang ingin menjaga kesehatan pendekatan organik akan benar-benar bermanfaat karena buah dan sayuran yang dihasilkan merupakan produk  sehat, bebas dari ramuan kimia yang kemungkinan berpotensi mengganggu kesehatan.

Mengapa ada keengganan menggunakan pestisida Organik? Serangan hama (Organisme Penggangu Tanaman) dianggap suatu bencana karena mengancam keberhasilan dalam bercocok tanam yang merupakan sumber penghasilan utama mereka. Petani dan pekebun berkeinginan suatu ramuan pestisida yang benar-benar efektif. Seperti yang kterjadi dirumah dalam menanggulangi gangguan nyamuk. Kita ingin obat nyamuk yang sekali semprot nyamuk mati bergelimpangan si lantai. Kita juga puas dengan raket berbatere untuk menebas nyamuk yang berterbangan dengan bunyi platak pletok kalau mengenai nyamuk yang tidak beruntung.

Padahal penggunaan pestisida organik cara bekerjanya lebih lembut , tidak semuanya membunuh seketika hama yang kita tuju, tetapi tetap efektif bahkan bisa lebih tuntas dibandingkan pestisida berbahan aktif ganda. Pestisida organik mampu membunuh Organisme Pengganggu tanaman (OPT) berupa insek, kutu, jamur dan virus secar sekaligus. Serangan hama ke tanaman misalnya kutu penyebab keriting daun sering di ikuti serangan bakteri kuning Gemini. Sehingga pestisida organik menarik untuk digunakan.

Kendala lain masa guna efektif  pestisida organik relatif pendek, tidak dapat disimpan dalam waktu lama. Kita sering memperoleh informasi pengunaan pestisida organik adalah diramu dari bahan segar kemudian segera di aplikasikan ketanaman dan hasilnya memang terbukti ampuh.

Dengan adanya keampuhan pestisida organik , setelah melakukan penelitian dihasilkan BISMA PK yang umur pakainya tetap efektif walau disimpan selama 6 bulan. Agar menjamin hasil yang baik ramuan diolah kurang dari 1 minggu sebelum di kirim ke pemakai dan diharapka pestisida organik BISMA PK nsegera digunakan.

Latar belakang ide dasar melakukan inovasi pestisida organik BISMA PK karena pengalaman pahit ASRIFARM mengalami gagal panen cabe medio 2017. Serangan busuk buah Patek (Antranoksa) menimpa 4 lokasi lahan di Bogor dan Cariu , Jonggol meliputi area seluas lebih dari 3 Hektar.  Padahal saat itu sudah berusaha menanggulangi dengan menggunakan pestisida kimia yang namanya sudah dikenal luas.

Sebetulnya sudah melakukan antisipasi dengan menanam beberapa varietas benih  yang tahan Patek.  Pemilihan varietas benih tahanpenyakit ini memang keputusan tepat, walau terkena juga tetapi dapat ditanggulangi segera, kalau tidak kerugian akan lebih besar.

Saya kebetulan menyaksikan di Youtube video petani yang juga mengalami kegagalan panen cabe akibat serangan busuk buah Antranoksa https://youtu.be/dszhwhuOTrs. Sungguh menyedihkan nasib mereka yang penghidupannya menggantungkan ke berhasilan hasil panen nya.

yang menyedihkan lagi beberapa petani mengalami penurunan kesehatan yang diduga akibat terlalu banyak menghirup udara pestisida kimia secara berlebih karena saat penyemprotan tidak menggunaka Alat pelindung diri yang memadai. Misalnya tidak menggunakan masker agar tidak menghirup udara yang mengandung bahan kimia pestisida.

Nama BISMA PK itu singkatan Pembasmi Hama Patek dan Keriting daun. Latar belakang historinya adalah di ramu untuk mengatasi hama patek dan keriting daun, dua penyakit tanaman yang sering menyerang tanaman cabe yang berdampak besar. 

Setelah di uji dilapangan dan hasilnya sangat memuaskan di putuskan untuk mengkomersialkan produk BISMA PK secara luas agar banyak petani atau pekebun bisa memiliki solusi masalah kebun mereka.

Beberapa keunggulan pestisida BISMA PK antara lain:

  1. Dalam 3 kali penyemprotan akan terlihat hasilnya, tanaman sudah mulai sembuh bahkan lebih kokoh, daun tebal, bunga dan buah muncul serentak dan sehat
  2. Penggunaan cukup ekonomis setiap liter cukup di berikan 20 ml BISMA PK yang disemprotkan ke seluruhan tanaman 
  3. Sudah diicoba dan terus digunakan di kebun ASRIFARM
  4. Selalu diterima pembeli dalam kondisi fresh, dan memiliki tanggal daluwarsa.

Yang berminat untuk membeli pestisida organik BISMA PK , Booster pestisida BRAHMA dan perekat pestisida LAKAT bisa membeli di toko online TOKOPEDIA atau BUKALAPAK